Sate Klathak - Makanan Khas Yogyakarta Enak dan Lezat

Assalamu'alaikum Wr. Wb.


     Sebelum kita masuk ke pembahasan kali ini yaitu Makanan "Sate Klathak" lebih baik kita kenalan dulu dengan kuliner khas Indonesia.

     Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki berbagai macam kuliner yang tersebar di setiap provinsi dan menjadi kuliner khas. Kuliner khas Indonesia selain memiliki cita rasa beragam juga memilikisejarah dan cerita di baliknya yang menarik untuk diketahui. Selain itu, kuliner khas Indonesia biasanya memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitar daerahnya. Jika ingin membuatnya, kita dapat dengan mudah menemukan bahan-bahannya.Akan tetapi, seiring dengan perubahan zaman, minat masyarakat terhadap kuliner khas Indonesia banyak bergeser ke kuliner dari negara lain. Makanan-makanancepat saji, seperti hamburger dan ayam goreng tepung, telah menjadi idola bagi sebagian masyarakat, terutama anak-anak. Hal ini membuat kuliner khas Indonesia kurang dikenal oleh anak-anak. Sebagai generasi penerus bangsa, anak-anak memiliki peran untuk turut melestarikan salah satu kekayaan Indonesia berupa kuliner khas agar keberadaannya tetap terjaga di tengah-tengah masyarakat. Oleh karena itu, mari kita mengenal dan mencintai kuliner khas Indonesia, khususnya kuliner dari Yogyakarta lewat buku ini.

Sate Klathak

https://www.hdkuliah.me/2018/10/sate-klathak-makanan-khas-yogyakarta.htm


     Satai (atau disebut sate oleh masyarakat Jawa) adalah salah satu makanan khas Indonesia yang masuk dalam daftar makanan terlezat di dunia. Berdasarkan survei CNN pada 2011, satai menempati posisi ke-14 dari 50 makanan terlezat di dunia. Berbagai macam satai telah mewarnai keberagaman kuliner Indonesia. Ada sate unik yang hanya ada di Yogyakarta, yaitu sate klathak.  Sate klathakadalah sate yang berbahan dasar daging kambing muda. Bagian uniknya adalah tusuk satai yang digunakan tidak terbuat dari bambu, tetapi dari besi jeruji sepeda. Penggunaan jeruji besi ini dimaksudkan agar daging kambing muda lebih cepat matang karena panasnya yang merata. Pemberian nama sate klathakberasal dari suara sate ketika dibakar. Saat proses pengolahan satai, sebelum daging kambing dibakar telah ditaburi garam terlebih dahulu. Akibatnya, pada saat dibakar terdengar suara unik klathak-klathakseperti suara benda retak. Penjual sate klathakbanyak terdapat di daerah Pleret, Bantul.

Bahan dan Bumbu

https://www.hdkuliah.me/2018/10/sate-klathak-makanan-khas-yogyakarta.htm

https://www.hdkuliah.me/2018/10/sate-klathak-makanan-khas-yogyakarta.htm

https://www.hdkuliah.me/2018/10/sate-klathak-makanan-khas-yogyakarta.htm


Kalau anda ga bisa ke Yogyakarta untuk mencicipi makanan ini buat saja dirumah dan bereksperimen membuat Sate Klathak ini. Selamat Mencoba!


Wassalamu'alaikum Wr. Wb.


Post a Comment

0 Comments