Tips Membuat Blog yang Baik dan Benar

https://www.hdkuliah.me/2018/10/tips-membuat-blog-yang-baik-dan-benar.html


      Setiap orang pasti belum banyak yang mengetahui apa itu blog ? blog adalah situs web yang menyediakan layanan untuk memosting berbagai artikel yang kita inginkan di dalamnya. Macam-maca penyedia layanan situs web ini yaitu Blogger.com dan Wordpress.com. Blogger adalah layanan penyedia situs web yang di hosting dengan google langsung jika wordpress tidak hosting dengan google. Biasanya kebanyakan untuk para pembuat blog lebih memilih membuat situs web melalui blogger.com karena lebih mudah dan cepat dalam ini berbeda dengan pengembangannya.bHan Wordpress yang didalamnya belum didukung dengan fasilitas edit html sendiri menyebabkan sedikitnya peminat blog atau situs web dalam wordpress ini. Beberapa saat kita kembali ke masa lalu yakni google search yang dahulu merupakan perusahaan kecil-kecilan yang belum begitu terkenal dan ingin bergabung dengan yahoo namun ditolak begitu saja. Alhasil google search menjadi perusahaan sendiri dan berkembang hingga sekarang ini bahkan yahoo sendiri tergeser popularitasnya dengan produk google yaitu gmail Begitu pula blogger semakin meningkat saja perkembanganya terutama di bidang pengiklanan yaitu google adsense yang dapat memberikan penghasilan sampingan melalui situs web. Google Adsense memberikan fasilitas atau layanan kepada seseorang menjadi publisher online dan google akan memberikan penghasilan kepada anda sesuai bagi-hasil yang sudah diterapkan oleh google adsense. Publisher online itu apa? publisher online adalah seseorang yang memiliki situs web atau channel youtube dimana akun-akun tersebut telah memenuhi syarat untuk menjadi seorang publisher online oleh google adsense dan siap untuk menampilkan iklan-iklan yang tersedia untuk ditampilkan di akun-akun anda tersebut. Sebenarnya akhir-akhir ini peraturan untuk google adsense sendiri sudah begitu ketat karena banyaknya orang-orang yang menyalahgunakan program tersebut. Bagi-hasil yang disediakan ada dua macam yaitu 68% pendapatan untuk kita sisanya milik google jika itu akun hosting dan 100% penghasilan untuk kita seluruhnya jika itu akun non-hosting. Akun hosting adalah akun yang dibuat secara cuma-cuma atau gratis menggunakan layanan blogger artinya ketika kita membuat sebuah situs maka alamat urlnya memiliki subdomain misalnya hdkuliah.blogspot.comnah blogspot sendiri merupakan subdomain khusus yang dimiliki oleh blogger bagi pengguna yang menggunakan fasilitas hosting.

    Ada begitu banyak jenis artikel yang diperbolehkan dalam situs web ini seperti tentang teknologi, kesehatan, ekonomi, hukum, dll. Begitu banyaknya artikel membuat kemudahan kita dalam menentukan tema apa sih yang sesuai dengan blog kita. Cukup kita menyesuaikan dengan kemampuan kita atau hobi kita misalnya hobi kita memancing ikan di sungai maka tema situs web kita adalah memancing ikan. Nanti di dalamnya bisa kalian cantumkan kategori-kategori yang sesuai dengan tema. Mudahkan ? jadi tunggu apalagi ayo belajar menulis online di era digital sekarang ini. Pada jaman digital sekarang ini manusia sudah semakin dimanjakan dengan berbagai hal yang berkaitan dengan internet dan elektronik. Seperti halnya android mobile phone yang memberikan berbagai layanan dan aplikasi yang menarik juga mendukung bagi pembuat situs web untuk mengembangkan situs pribadinya. Semakin tinggi tipe mobile phone semakin cepat pula anda mengembangkan situs web pribadi milik anda.

  Pertama kita membuat sebuah judul blog, buatlah sebuah judul yang mudah diingat, unik dan sesuai dengan tema situs web kita. Seperti misalnya kita akan membuat situs web tentang otomotif maka judul yang sesuai misalnya "warungotomotif" nah itu cukup unik dan menarik minat calon pengunjung situs kita. Url atau alamat web harus sesuai dengan judul yang kita buat seperti warungotomotif.blogspot.com / warungotomotif.com dll. Lalu sesuaikan template atau tema blog yang akan kita buat dan biasanya sudah disediakan sendiri oleh masing-masing penyedia situs web. Kedua, setelah selesai dengan proses awal yaitu membuat judul, url dan tema situs pribadi kita selanjutnya yaitu membuat pengaturan-pengaturan dasar yang ada di tab setelan, silahkan isi sesuai dengan keinginan anda. Ketiga, adalah membuat halaman-halaman untuk situs web kita seperti About, Disclaimer, Contact dll. Gunanya untuk apa? agar blog kita memiliki standar SEO dan mudah dilacak oleh google search. Keempat, yang terakhir ini adalah kita memosting suatu artikel. Saat kita memosting usahakan jangan lupa beri label postingan, jika postingan yang kita tulis sebagian besar berisis tentang uang dan nasabah maka label yang perlu diisi adalah perbankan, begitu seterusnya. Lalu tambahkan deskripsi penelusuran untuk membubuhi judul penelurusan ketika orang melihat link anda. Setelah itu buat judul semenarik mungkin dan mudah dipahami oleh pembaca. Terakhir buatlah postingan yang keywordnya banyak dicari dan mudah ditemukan.

 Ada berbagai manfaat jika kita membuat sebuah blog diantaranya adalah :
  • Memberikan kita ruang untuk menyalurkan hobi kita di dunia digital
  • Mendapat penghasilan sampingan melalui menulis artikel dan menampilkan iklan
  • Sharing ilmu bagi sesama pengguna situs web lainnya
  • Menjadi sarana untuk mengembangkan membaca secara online melalui situs web
  • Dapat dengan mudah menyesuaikan dengan perkembangan teknologi sekarang ini
Itulah beberapa yang dapat saya sampaikan terkaita membuat blog yang baik dan benar. Semoga bisa membantu referensi anda dalam mengembangkan situs pribadi milik anda sendiri. Happy Blogging :)

Sekian dan trimakasih :)


Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Post a Comment

0 Comments