Tips Bisnis Online - Potensi dan Manfaatnya

  9 POTENSI BISNIS ONLINE

https://clear-tech.blogspot.com/2018/10/bisnis-online-potensi-dan-manfaatnya.html

Bisnis online berkembang  pesat sejak 2011 karena semakin meningkatnya penetrasi internet hingga mencapai 20 persen dari total populasi Indonesia. Karena itu, bisnis onlinemempunyai prospek ya cerah di Indonesia. Diperkirakan pada 2014 dapat mencapai 28.648 juta transaksi dengan nilai USD776 juta. Angka sebesar 5 triliun rupiah itu hanya  produk  barang  saja  atau  nilai  transaksi  barang,  tidak  termasuktiket, pertunjukkan dan lainnya. 

Para  pelaku  bisnis online juga  harus  mempunyai  perhitungan  yang matang dalam  menggarap  potensi bisnis  baik  dari  sisi  strategi marketing,  kesiapan  jaringan  dan  akses distribusi  untuk  menjaga kepuasaan  pelanggan.  Diharapkan  bisnis  online  dapat  meningkat  tiap bulannya baik dari segi strategis pemasaran, inovasi pelayanan, ekspansi pasar  serta pentingnya  kemudahan  logistik dalam  meningkatkan kepuasaan pelanggan. Dengan  perkembangan  teknologi  yang  semakin  canggih, masyarakat semakin familiar dengan perkembangan internet sehingga ilmu maupun informasi  bisa didapatkan  melalui  media pembelajaran  elektronik seperti  ebook  maupun  video  tutorial.  Selain  lebih menghemat  kertas, pembelajaran melalui cara ini sangat praktis karena kita tidak perlu lagi membawa buku buku  yang  berat. Selain  itu  ditambah  penggunaan gadget yang meningkat dikalangan masyarakat membuat bisnis online ini sangat menjanjikan di tahun 2014. Saat ini yang sedang populer adalah semakin banyaknya keberadaan toko  online  diinternet anda  bisa   melihat  beberapa  toko  online  diantaranya adalah Toko bagus, oshop, Berniaga, Zalora, Lazada, Kaskus dan lain-lain. Barang yang dijual di toko online juga beragam dari obat sampai  komputer   dari  yang  murah  sampai  yang   mahal   walaupun sebenarnya bisnis online tidak hanya toko online saja masih ada Bisnis online lainnya Misalnya periklanan, Paid review, Jasa Penulisan Artikel, Jasa pembuatan website, Jasa SEO, jualan E Book dan lain-lain.

Perkembangan media sosial yang sangat pesat membuat media sosial juga  dijadikan  alat  pemasaran  untuk menjaring  pembeli.  Dari  hal  ini muncullah peluang baru yaitu jasa sosial media marketing yang banyak dibutuhkan para pelaku bisnis online. Peluang bisnis yang diperkirakan dapat memiliki banyak peminat adalah bisnis  jasa  pengelolaan  fans  page  di  Facebook,  jasa  pembuatan video promosi  di  Youtube, jasa  twitter  marketing,  dan  jasa  publishing  iklan yang  sekarang  ini banyak  dibutuhkan  untuk mendongkrak  pemasaran dari produk mereka. Perkembangan  gadget  yang  amat  pesat  diperkirakan dapat  memicu perubahan  gaya  hidup  atau  lifestyle  di  kalangan  masyarakat.  Salah satunya  dalam  hal berbelanja.  Kalau  dulu  masyarakat  lebih  suka berbelanja  di  dunia  nyata  maka, sekarang masyarakat lebih  menyukai hal  yang  praktis  dan  modern  dengan memanfaatkan  toko  online  baik lokal maupun internasional. Budaya ini diprediksi akan semakin meningkat di tahun 2014 sehingga juga  berdampak  pada banyaknya  toko  online  yang  hadir.  Selain masyarakat  yang  berbelanja  saat  ini  beberapa  masyarakat juga  ingin menjadi reseller untuk mendapatkan tambahan penghasilan.

KEUNTUNGAN MENJALANKAN BISNIS ONLINE

Menjalankan  bisnis  online  semakin  terbuka  lebar  untuk  siapa  saja. Selain itu peluangnya juga bisa dibilang lebih mudah dan murah serta memberikan keuntungan yang  besar  untuk  pelakunya.  Dengan bisnis online,  berbagai  jenis  usaha  bisa  dijalanka dari  menjual  produk,  jasa, hingga membantu menawarkan produk orang lain sebagai reseller atau dropship. Saat ini jumlah pelaku bisnis online semakin banyak karena memang banyak keuntungan yang didapatkan dari bisnis satu ini. Berikut beberapa keuntugan memilih bisnis online:

Modal yang dibutuhkan tidak begitu besar 

  Modal utama dalam menjalankan bisnis online adalah  komputer, laptop atau notebook dan jaringan internet. Anda tidak perlu toko atau ruko, gedung dan lain sebagainya yang membutuhkan modal yang sangat banyak. Anda bisa menjalankan bisnis online di dalam kamar pribadi anda. Dengan hanya bermodalkan komputer, modem dan langganan internet anda sudah bisa memulai bisnis online. Bandingkan bila anda akan memulai bisnis offline toko baju misalnya anda perlu menyiapkan modal yang tidak sedikit dari sewa tempat, peralatan, Belanja barang, promosi. Biaya Operasional hanya untuk internet dan listrik. Karena media yang dipakai hanya internet maka bea operasionalnya juga hanya untuk bea langganan internet dan listrik.

Jam kerja bisa disesuaikan

   Bisnis online akan bekerja 24 jam non stop sekalipun anda tidur. Hal ini karena yang bekerja bukan anda tapi juga adanya sistem yang berjalan. Tugas anda adalah memfollow up dari permintaan-permintaan yang sudah diterima oleh sistem atau permintaan dari konsumen anda. Dengan memilih bisnis online maka anda bisa dengan mudah untuk bekerja bekerja kapan saja dan dimana saja. Bila anda sibuk bekerja di kantor,  bisnis online ini tetap bisa anda kerjakan, sistem akan membantu anda untuk mendapatkan uang. Jadi, anda bisa bekerja dengan mudah sekalipun anda memiliki banyak profesi.

Jangkauan pasar lebih luas

   Bila anda menjalankan bisnis online, maka anda bisa mendapatkan konsumen dimana saja bahka diluar pulau pun juga bisa anda dapatkan. Dengan fasilitas koneksi internet, anda bisa memasarkan produk dengan jangkauan yang sangat luas, bahkan bisa sampai ke luar negeri. Anda tidak harus membayar biaya-biaya yang sangat mahal karena semua itu bisa anda lakukan dengan gratis. Selain itu bisnis online juga berkaitan dengan SEO, dengan adanya hal tersebut maka sangat besar kemungkinan bagi anda untuk mendapatkan konsumen dimana saja.

Pelayanan mudah dan cepat

  Konsumen semakin dipermudah dengan berbagai layanan online yang tersedia. Mereka bisa Mau membayar, tinggal transfer saja, mau menerima barang  tinggal menunggu dirumah saja sampai kirimannya sampai dan layanan yang lainnya. Dengan pelayanan yang cepat tersebut maka siapa saja bisa menjalankan bisnis online, bila ingin transfer dengan mudah dan kapan saja, tinggal menggunakan internet banking atau sms banking.

Tempat

   Bisnis online bisa dilakukan dari meja komputer dirumah.Itulah Salah satu kelebihan yang tidak dimiliki bisnis offline adalah bisnis online bisa dilakukan dari meja komputer dirumah jadi anda tidak perlu banyak aktifitas di luar ruangan.

https://clear-tech.blogspot.com/2018/10/bisnis-online-potensi-dan-manfaatnya.html

BAGAIMANA MEMULAI BISNIS ONLINE

Sebelum memulai bisnis online di internet biasanya orang menemukan kesulitan, yaitu mereka tidak tahu harus memulai dari mana. Untuk itu anda harus memahami langkah-langkah awal sebelum memulai bisnis online. Pada dasarnya setiap bisnis online memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, sehingga salah satu solusinya mungkin tidak cocok untuk semua orang. Tetapi sebelum memulai bisnis anda secara online, ada beberapa halhal mendasar yang perlu anda pahami :

Tentukan produk atau jasa yang akan anda jual

   Dalam bisnis online anda dapat menjual 2 jenis produk, yaitu produk fisik dan digital. Produk fisik biasanya berupa produk kesehatan, kecantikan, suplemen, pakaian, fashion dan lain-lain. Produk ini nantinya perlu dikirimkan ke konsumen melalui jasa kurir setelah proses pembaran selesai. Untuk produk digital, anda dapat menjual produk yang disampaikan secara elektronik, seperti e-book download, musik MP3, perangkat lunak dan lain-lain.

Strategi penjualan

   Ada baiknya bila anda mengetahui dulu siapa target market anda, biaya pengiriman, cara pembayaran, proses pengiriman, sehingga mudah dalam menentukan harga akhirnya. Selain itu anda juga bisa memilih strategi promosi dan pemasaran lewat internet. Informasi yang anda berikan juga berpengaruh dalam menentukan tingkat penjualan, karena informasi dan keberadaan kita akan menambah kepercayaan konsumen.Selain itu apakah anda nanti menggunakan sarana blog atau website untuk memberikan penawaran produk atau jasa kepada konsumen.

Pembayaran

    Ada banyak alat pembayaran yang bisa anda gunakan untuk bertransaksi secara online. Di Indonesia  untuk proses transaksi online umumnya masih dilakukan secara manual, yaitu dengan media transfer melalui bank. Biasanya setelah anda melakukan transfer dan konfirmasi pembayaran, baru kemudian barang akan dikirimkan. Selain itu, anda juga bisa menerima pembayaran dengan kartu kredit maupun PayPal. PayPal adalah cara mudah untuk mengambil pembayaran online, proses pembuatan account PayPal juga mudah, tidak memerlukan pemeriksaan kredit. Dan jika anda memutuskan untuk menjalankan bisnis online, ada juga harus menggunakan cara praktis yaitu dengan memilih sarana internet banking atau sms banking. Cara ini jauh lebih mudah dan murah untuk bertransaksi dibandingkan bila anda harus pergi ke bank untuk pembayaran dan transaksi lainnya.

Proses pengiriman

    Pastikan anda benar-benar menentukan proses pengiriman barang dengan tepat, jika anda menjual produk fisik yang perlu dikirimkan, maka anda juga perlu untuk memperhitungkan biaya pengiriman dan mengatur order pelacakan.Saat anda menjual secara online, maka anda dapat menarik pelanggan dari berbagai macam kota di seluruh Indonesia bahkan hinga negara lain. Hal ini anda perlu memutuskan bagaimana untuk menghitung biaya pengiriman untuk tujuan yang berbeda. Pastikan bahwa konsumen dengan mudah bisa melacak order pesanan mereka dan mengamati serta menghitung biaya pengirimannya. Untuk hal ini biasanya akan lebih mudah jika menggunakan pihak ketiga atau jasa kurir, yang memungkinkan untuk melacak order pembelian mereka melalui no resi yang diberikan. Anda bisa melihat beberapa website yang menawarkan gratis biaya pengiriman untuk minimum order dengan harga tertentu. Ada juga yang menawarkan pengiriman dengan operator yang berbeda, seperti melalui pos biasa atau jasa kurir. Anda perlu mempertimbangkan hal-hal seperti ini ketika merencanakan bisnis online.


Itulah beberapa tips dan trik dalam memanfaatkan potensi bisnis online yang ingin anda jalankan. Semoga bermanfaat untuk anda semua. Dan jangan lupa klik iklannya yah agar situs ini dapat selalu memberikan pelayanan ataupun mengembangkan beberapa fitur yang ada di dalamnya.


sumber : E-book Panduan Bisnis Online 

Post a Comment

0 Comments