Susah membuat makalah? Inilah Bagian-Bagian Penting Dalam Sebuah Makalah

Assalamualaikum wr. wb.

https://hdkuliah.blogspot.com/2018/09/susah-membuat-makalah-inilah-bagian.html


Hai pengunjung yang selalu sehat terus dan semoga begitu seterusnya yah :)

     Setiap mahasiswa baik itu mahasiswa baru ataupun lama tentu akan selalu dihantu-hantui apa itu yang namanya tugas kuliah. Benarkan ? iya soalnya saya sendiri dulu seperti ketika sedang menempuh kuliah di salah satu perguruan tinggi yang ada di Purwokerto, Jawa Tengah. Namun, kita sebagai mahasiswa harus memakluminya karena tanpa tugas kuliah kita tidak akan mendapat nilai yang tinggi. Jadi, langsung saja disini saya akan membahas tentang apa saja sih bagian-bagian yang harus dicantumkan di dalam pembuatan sebuah makalah.

Check it out !


 1. Baris Judul

     "Membuat Blog dengan Cara Non-Hosted Serta Tidak Melanggar Aturan Google". Judul ini sangat penting karena mencakup seluruh isi dari makalah yang anda buat. Bagi seorang ahli makalah jika ingin mengetahui isi dari makalah cukup membaca judul yang terdapat pada makalah tersebut. Jadi manfaatkanlah judul dengan sebaik-baiknya kalau bisa buat judul yang unik yang belum pernah di buat oleh teman-teman anda yang lain.


 2. Latar Belakang

    Yaitu berisi tentang mengapa sih kita membuat judul seperti di atas? apa saja sih alasannya? Nah itu kita jelaskan di bagian latar belakang ini gaesss jadi bisa berupa karangan kita atau opini kita ataupun bisa diambil dari referensi-referensi lainnya seperti buku, jurnal, dsb.

 3. Rumusan Masalah

     Nah ini nih yang kadang pada bingung kenapa harus ada rumusan masalah. Ya karena, rumusan masalah ini akan menjadi point penting bagi kita untuk menentukan apa saja yang akan di bahas di dalam makalah tersebut, tentu saja harus sesuai dengan judul yang diatas tadi tidak boleh melenceng dari yang lain apalagi menikung :D

4. Pembahasan

   Bagian ini merupakan bagian dari analisis kita untuk menggali lebih dalam mengenai judul dan rumusan masalah yang kita buat tadi. Jadi, di dalam pembahasan ini kita tidak boleh mengarang terlalu banyak cukup sedikit saja mengenai opini terhadap suatu masalah yang mungkin akan terjadi di masa yang akan datang dan sebaiknya perbanyak referensi-referensi untuk memperdalam pemahaman kalian. Biasanya yang paling memuat banyak halaman adalah bagian pembahasan ini.

5. Kesimpulan

   Akhirnya kita berada di final stage :D, di dalam kesimpulan ini ada beberapa point penting diantaranya adalah Kritik dan Saran. Jadi, sesudah kita membuat suatu kesimpulan dari makalah yang kita buat tadi sebaiknya cantumkan kritik dan saran baik itu dari anggota kelompok ataupun audience atau pendengar setia :D dengan seperti itu memungkinkan kalian akan bisa menjadi selalu lebih baik lagi untuk kedepannya.


Oke itu saja untuk hari ini. Saya mohon maaf jika kurang dalam penulisan ataupun pengejaan semoga anda berbaik hati untuk memberikan sedikit kritik dan saran kepada artikel ini di kolom komentar di bawah :)

Wassalamu'alaikum wr. wb

Post a Comment

0 Comments