Mahasiswa, Media Elektronik, Internet dan Popularitas

Assalamu'alaikum Wr. Wb.



https://hdkuliah.blogspot.com/2018/10/mahasiswa-media-elektronik-internet-dan.htmlBismillahirrahmaanirrahiim...

Seorang mahasiswa mendapat tugas mata kuliah. Ia melakukan beberapa refleks begitu dosen selesai memberikan pengarahan. Mula-mula ia akan menelusuri google di Internet. Setelah memasukkan beberapa kata kunci, ia mulai mendunduh sejumlah artikel dan menyimpannya di dalam disc pribadinya.

Mumpung masih terhubung dengan dunia maya, ia mengetikkan sejumlah alamat web yaitu FB, Twitter dsb. Sudah bisa ditebak, ia akan menulis sebuah status, membuka chat atau klik sana-sini. 

Sekarang ia berada di hadapan fans dunia maya yang sedang mengantri untuk mendapatkan sapaannya di media sosial.

Menurut Harian TI, pada tahun 2013 pengguna internet di Indonesia mencapai 63 juta pengguna. Sebanyak 95% dari jumlah pengguna internet untuk mengakses jejaring sosial.

Menurut Webershandwick--perusahaan public relations dan pemberi layanan jasa komunikasi--, untuk wilayah Indonesia ada sekitar 65 juta pengguna Facebook aktif.

Pengguna Twitter, berdasarkan data PT Bakrie Telecom, memiliki 19,5 jut pengguna di Indonesia dari total 500 juta pengguna global.

Facebook adalah sebuah website yang berisi layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004, dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Inc. Pada September 2012, Facebook memiliki lebih dari 1 milliar pengguna aktif dan lebih dari sebagiannya menggunakan smartphone. Pengguna yang ingin menggunakan layanan Facebook ini harus mendaftar terlebih dahulu. Setelah itu, pengguna dapat mengakses penuh di media sosial tersebut. Pengguna dapat menambahkan foto profil, status, menambah teman pengguna lainnya agar dapat saling berinteraksi satu sama lain.

Manfaat Facebook sangatlah banyak seperti halnya kita mendapatkan keuntungan berkomunikasi dengan orang-orang diluar jangkauan kita dengan mudah melalui facebook, memasarkan produk, membeli produk dll. Disamping banyaknya manfaat, tidak luput facebook juga memiliki beberap kerugian yaitu maraknya penipuan, mudahnya berita-berita tidak benar masuk ke facebook, ujaran kebencian bahkan untuk kepentingan politik. Untuk itu, jika kita memiliki akun facebook sebaiknya gunakanlah dengan bijak dan sesuai kebutuhan.

Yups mahasiswa selalu mencari cara agar dirinya mendapatkan popularitas di dunia maya. Banyak sekali mahasiswa yang mempunyai akun lebih dari satu jenis media sosial. Untuk itu kita sebagai mahasiswa sudah saatnya untuk menjadikan media elektronik, media sosial dan popularitas sebagai jalan untuk kita demi membangun bangsa Indonesia ini serta sebagai generasi penerus bangsa yang berakhlak mulia, berintelektual dalam memajukan dan mensejahterakan negara Indonesia.

So, yuk kita gunakan media sosial sebagai sarana untuk membangun bangsa Indonesia demi kesejahteraan masyarakat.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.



sumber : Majalah OBSESI Edisi XX, Th. XXII, 2015 (IAIN Purwokerto)

Post a Comment

0 Comments