Cara Mudah Membuat Blogger Untuk Memulai Berkarya Melalui Tulisan Di Internet


Pada zaman modern sekarang ini tentu sudah bukan hal biasa lagi jika anda mendengar kata-kata "Digital', kata tersebut menjadi sangat trend khususnya bagi kaum anak muda dan umunya bagi kaum dewasa. Sejak diluncurkannya Super Computer pada tahun 1960-an yang di desain oleh Seymour Cray di Control Data Corporation (CDC). Setelah beberapa dekade muncul teknologi-teknologi yang berawal dari super computer tersebut seperti sekarang ini yaitu Personal Computer, Laptop, Notebook, Gadget dll. Hal tersebut tentu memunculkan sebuah inovasi baru yakni tentang bagaimana cara orang-orang berkomunikasi jarak jauh tanpa harus bertemu atau face to face atau sering kita sebut dengan Internet.

Internet atau kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komunikasi melalui sebuah media elektronik, yang saling terhubung menggunakan standar sisstem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suit (TCP/IP) sebagai pertukaran paket. Jadi, pada dasarnya internet sendiri merupakan dasar dari rangkaian untuk mengembangkan media elektronik sebagai sarana komunikasi antara satu orang dengan orang lainnya.

Blogger salah satu media elektronik yang disediakan di internet serta dikembangkan oleh Google Inc. dimana layanan tersebut dapat digunakan sebagai media publikasi yang dibuat oleh Pyra Labs pada tahun 2003.

Secara umum, blog yang di host oleh Google berada di bawah subdomain blogspot,com (koma diganti dengan titik). Pihak blogger memperbolehan penggunanya untuk mempublikasikan blognya di server lain, melalui FTP hingga 1 Mei 2010. Setelah tanggal tersebut, semua blog harus disimpan di server google, meskipun pengguna dapat menggunakan alamat situsnya sendiri dengan fitur Custom URL.

Sedikit ulasan terkait sejarah Blogger sebagai pengetahuan dasar saja untuk anda sebelum membuat akun blogger, agar anda mengetahui seluk beluknya serta anda dapat menentukan sendiri arah atau tujuan bolgger anda akan seperti apa.

23 Agustus 1999, Blogger diluncurkan Pyra Labs. Sebagai salah satu perangkat publikasi blog pertama di dunia, Blogger berperan dalam mempopulerkan format blog di dunia. Pada Februari 2003, Pyra Labs diakuisisi oleh google, membuat sejumlah fitur premiun blogger yang sebelumnya dikomersialkan Pyra Labs menjadi layanan yang sepenuhnya gratis.

Pada Tahun 2004, google membeli Picasa, dan mengintegrasikannya dengan blogger hingga pengguna picasa dapat mempublikasikan koleksi foto miliknya ke situs blognya. Jadi, sebelumnya blogger merupakan situs premium dimana akan dikenakan biaya ketika membuat akunnya, namun sekarang sudah tidak lagi menjadi premium akan tetapi sudah digunakan secara gratisan.

Pada 14 Agustus 2006, Blogger meluncurkan versi terbarunya dalam tahap beta, yang diberi nama kode "Invader". Versi terbaru ini memigrasikan pengguna blogger fitur baru. Pada Desember 2006, versi baruu ini keluar dari tahap beta. Mei 2007, Blogger selesai memigrasikan semua data penggunanya ke server google.

Oke kita langsung saja masuk ke materi kita hari ini yaitu cara mudah membuat blogger untuk memulai berkarya melalui tulisan di internet.


  •  E-Mail (harus menggunakan akun Gmail)

Hal yang pertama yang harus disiapkan adalah alama e-mail atau elektronik mail (pesan elektronik) mengapa harus gmail ? ya karena yang akan dibuat merupakan akun yang di akuisis oleh pihak google inc yaitu Blogger,com (koma diganti dengan titik). kalian bisa membuatnya di alamat www,gmail,com (koma diganti dengan titik). Manfaat dari gmail sendiri adalah dapat digunakan untuk berbagai fasilitas yang disediakan oleh google seperti google play game, google payments dll.

  • Mendaftar di Blogger,com (koma diganti dengan titik)

Cukup masuk ke alamat yang diatas dan ikuti beberapa langkah untuk mendaftar sampai dengan selesai dan akun anda siap untuk digunakan. Manfaat dari beberapa blogger antara lain sebagai sarana publikasi, sebagai sarana iklan, sebagai sarana komunikasi dll. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu banyak sekali orang-orang kehilangan moodnya dalam menulis di blogger, maka dari itu sebelum kita ingin membuat sebuah artikel sebaiknya kumpulkan dulu mood sampai booster baru kemudian anda menulis sebuah artikel di akun anda. Hal tersebut akan di bahas di submateri selanjutnya jadi tetap simak yah.

  • Gunakan Tema Sesuai Kebutuhan

Apa itu tema? tema adalah rangkaian yang membentuk sebuah kumpulan animasi-animasi secara tersetruktur. Disini yang kita bahas adalah tema untuk blogger itu sendiri, mengapa ? ya karena pihak blogger memberikan kita kemudahan dalam mengotak-atik struktur tema yang ada dalam website kita. Alangkah baiknya setelah selesai membuat akun di blogger sebaiknya anda membuat tema secara terstruktur dan jelas navigasinya, seperti Tab Menu, Judul dan tambahan-tambahan lainnya. Disini prinsip yang diterapkan adalah "Semakin banyak fitur pada tema website anda, maka waktu loading (memuat) pada website anda menjadi lebih lama". Nah hal tersebut dapat mempengaruhi kenyamanan para pembaca blogger dimana lama dari loading website kita menyebabkan rasa ketidaknyamanan si pembaca terhadap website kita. Saran saya gunakanlah tema AMP dimana tema tersebut merupakan sebuah inovasi untuk masa yang akan datang dan pasti akan sangat dibutuhkan. Mengenai materi AMP akan di bahas kapan-kapan sesuai mood saya atau anda bisa cari di internet atau pun referensi lainnya (tidak harus digital).

  • Buatlah Artikel Yang Asli (Original)

Artikel asli artinya artikel buatan sendiri, diketik sendiri, mikir sendiri pokoknya apa-apanya sendiri :(. Eits tapi lama kelamaan bakalan ada yang nemenin kok tenang aja :). Sebuah artikel yang berkualitas tentu merupakan kebanggaan tersendiri bagi kita sebagai penulis blog. Sebab menulis merupakan hal yang umum untuk semua orang, namun tidak semuanya dapat menulis. Keaslian dari artikel dapat mempengaruhi kualitas dari si penulis apakah dapat dipercaya atau tidak mengenai tulisannya. Jadi, jangan terlalu memaksakan untuk copy-paste yah, usahakan untuk membuat karya sendiri dengan bahasa sendiri dan mudah dimengerti oleh pembaca sehingga dapat memberikan efek yang bagus untuk kedepannya.

  • Menej Waktu (Mengatur Waktu)

Kenapa mengatur waktu? ya karena ketika anda menulis tentu membutuhkan waktu senggang di kesibukan anda, tidak mungkin setiap waktu atau dimanapun anda berada untuk menulis sebuah artikel. Membutuhkan waktu yang tepat, momen yang tepat untuk menulis artikel dengan baik dan berkualitas. Jadi, gunakan momen-momen yang tepat untuk menulis sebuah artikel agar website anda dapat dinikmati oleh banyak pembaca.

Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai blogger, semoga anda dapat menjadi seorang blogger sejati dan tidak melanggar aturan-aturan dalam kepenulisan digital serta tanamkanlah prinsip "membuat artikel secara ori atau buatan sendiri tidak copy-paste". 

-Sekian dan trimakasih :)-

Post a Comment

0 Comments