TIPS MUDAH DITERIMA DI ORGANISASI KAMPUS

Assalamu'alaikum Wr. Wb.


"ORGANISASI"

Kali ini kita akan membahas tentang "Tips Mudah Diterima Di Organisasi Kampus". Chech it Out!

Setiap mahasiswa ataupun calon mahasiswa pasti sudah sering mendengar apa itu yang namanya ORGANIASI? 

https://hdkuliah.blogspot.com/2018/10/tips-mudah-diterima-di-organisasi-kampus.htmlOrganisasi adalah perkumpulan orang-orang dimana mereka memiliki tujuan tertentu untuk dicapai.


Sebenarnya tidak pengertian diatas masih terlalu simple dan sederhana.



Akan tetapi, sebagian besar orang mengartikannya seperti itu jadi saya ambil kesimpulannya saja agar mudah di mengerti.


Kebanyakan orang dan saya pun seperti itu adalah ketika mendengan kata Organisasi di pikiran saya langsung terbayang bahwa Organisasi adalah hal yang rumit dan tidak menyenangkan ketika diikuti.

Sebenarnya itu salah besar! setelah saya kuliah di salah satu perguruan tinggi di Purwokerto, saya mengikuti beberapa Organisasi di kampus dan setelah itu juga saya merasakan bahwa banyak sekali manfaat yang didapat dari mengikuti Organisasi-Organisasi ini mulai dari kegiatannya, pembelajarannya dll.


Tidak juga dari mereka yang tidak kuat berada di Organisasi karena alasan tertentu.

Hal ini tentu sangat disayangkan karena mungkin bagi mereka yang mati-matian ingin ikut sebuah Organisasi dan akhirnya tidak diterima akan sangat sedih akan tetapi kita yang sudah diterima dan mungkin sudah diberi jalan untuk berkarir lebih dini dibidang Organisasi malah kita sia-siakan begitu saja. Sebaiknya, sesulit apapun itu Organisasi akan ada puncaknya (bahagia) di setiap kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.

Karena setiap usaha, setiap kerja keras kita, tidak mungkin kita dibayar tidak sesuai dengan apa yang sudah kita perjuangkan pasti akan sesuai dan mungkin akan lebih dari apa yang kita bayangkan sebelumnya.

Okey langsung saja untuk Tips Mudah Di Terima Di Organisasi Kampus yang pertama adalah........


1. Sesuaikan Dengan Kemampuan


Kemampuan adalah hal utama yang perlu kita perhatikan ketika kita ingin memilih sebuah Organisasi. Mungkin ada beberapa point penting untuk diperhatikan dalam menyesuaikan kemampuan kita, diantaranya :

https://hdkuliah.blogspot.com/2018/10/tips-mudah-diterima-di-organisasi-kampus.html
  • Memilih Organisasi sesuai dengan kemampuan kita. Seperti musik, mungkin kita memiliki bakat bermain musik atau menyanyi atau yang berkaitan dengan musik. Ya kita ambil Organisasi yang berisi kegiatan-kegiatan tentang musik.
  • Jangan asal-asalan memilih Organisasi. Mengapa seperti itu? karena hal tersebut hanya akan mempersulit kita untuk berkembang di dalam sebuah Organisasi itu sendiri. Maka dari itu, anda harus jeli dalam memilih Organisasi agar anda juga mendapatkan banyak manfaat untuk kedepannya.

2. Sesuaikan Hobi Anda

Hobi adalah segala sesuatu yang disukai oleh seseorang dan dilakukan secara kontinu serta membuat kita merasa nyaman. Yaps, hobi ini menjadi point penting juga bagi kalian yang ikut Organisasi dan Mudah untuk diterima.

Akhir-akhir ini para pemuda-pemudi tidak hanya di kampus saja yaitu di luar kampus seperti gerakan-gerakan remaja di desa-desa sudah mulai melemah ikatannya. Mungkin karena generasi muda sekarang sudah terikat oleh teknologi-teknologi yang memanjakan kehidupan kita sehingga kita lupa untuk berbuat sosial di kehidupan nyata.

https://hdkuliah.blogspot.com/2018/10/tips-mudah-diterima-di-organisasi-kampus.htmlJika kalian ingin mudah diterima di dalam sebuah Organisasi kampus anda maka hobi adalah sesuatu yang harus anda perhatikan setelah kemampuan. Mengapa? karena hobi ini menjadi tolak ukur anda apakah anda menikmati Organisasi tersebut, apakah anda senang dalam menjalankan kegiatan-kegiatan di Organisasi tersebut nantinya.

Nah untuk itu kalian terus terang saja hobi anda dan itu pun harus sesuai dengan Organisasi yang ingin anda ikuti. Misalnya, hobi anda menulis sebaiknya anda ikut Organisasi yang kegiatannya menulis, apa itu menulis artikel atau yang lainnya.

Hal tersebut akan memudahkan anda dalam mendaftar pada Organisasi dan mengembangkan bakat yang anda miliki. Bakat tidak akan berkembang jika yang memilikinya pun tidak menginginkannya. Kalian punya bakat menulis tapi kalian malah ikut kegiatan-kegiatan olahraga yang membuat anda mengeluarkan tenaga ekstra setiap waktu.

Akan tetapi berbeda jika anda mengikuti kegiatan-kegiatan menulis, anda tidak kehilangan banyak tenaga dan mungkin anda akan mulai berkembang  dalam bidang menulis.

3. Disiplin


https://hdkuliah.blogspot.com/2018/10/tips-mudah-diterima-di-organisasi-kampus.htmlYaps, waktu karet? molor? semua sudah biasa bagi orang-orang Indonesia, bahkan sudah menjadi budaya sehari-hari.

Tepat Waktu adalah hal yang sulit dilakukan bagi orang-orang siapa pun itu. Karena hal tersebut perlu memperhatikan keseriusan dari hal apa yang akan dia lakukan agar dia tepat waktu. Disipilin itulah kuncinya, berlatih setiap harinya agar itu menjadi kebiasaan dan mendarah daging dalam kehidupan sehari-hari kita.

Terkadang Organisasi tidak suka orang-orang yang tidak disiplin apalagi dalam hal ketepatan waktu. Maka perlu diperhatikan temen-temen yang ingin mendaftar Organisasi kita harus tepat waktu baik itu mengikuti tes ataupun interview. Jangan sampai kita melewati batas waktu yang sudah ditentukan oleh pihak Organisasi.

KESIMPULAN

Organisasi kampus dapat memberikan banyak manfaat diantaranya yaitu :
  • Meningkatkan Kerjasama Tim
  • Memberikan pengalaman dalam melakukan koordinasi antar divisi
  • Menumbuhkan sifat loyalitas dan profesionalitas dalam berorganisasi
  • Memberikan bekal untuk bekerja di Instansi-instansi sesudah kalian lulus di perkuliahan.
Itulah mengapa pentingnya mengikuti sebuah Organisasi. Belum terlambat selama kalian belum mengibarkan toga kalian ke langit :) Yuks terus bangun kampus kita tercinta lewat Organisasi-Organisasi yang ada di kampus.

Semangan dan sehat selalu yah :)

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Post a Comment

0 Comments