Latihan Menjadi Ketua Panitia Di Sebuah Acara

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

https://hdkuliah.blogspot.com/2017/05/cara-agar-maksimal-menjadi-ketua.html

  Anda terpilih sebagai ketua panitia di sebuah acara? Ini dia tips agar menjadi ketua panitia yang PRO

  Apa kabar pembaca yang budiman ? sudah pasti sehat kan :) kalaupun sedang dalam keadaan tidak sehat jangan mengeluh karena itu adalah sebuah anugerah dari Tuhan agar kita tetap bersyukur masih bisa diberi kekuatan untuk menghadapinya.    Sebelum kita masuk ke materi kita kali ini yaitu tentang "bagaimana cara agar menjadi ketua panitia yang maksimal dalam sebuah kegiatan?". Nah, tentu disini topiknya sangat menarik karena setiap ketua atau pemimpin pasti akan dihadapkan pada suatu titik tertentu dimana titik tersebut adalah sebagai tantangan atau risiko yang akan timbul ketika kita menjadi seorang ketua panitia atau pemimpin kegiatan. Oleh karena itu, jika kita dipilih menjadi ketua panitia maka disitu kita harus siap karena kita sudah diberi kepercayaan untuk menjadi ketua panitia dan risiko-risiko yang mungkin akan timbul harus dihadapi bersama dengan tanggung jawab masing-masing.    Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika kita sudah dipilih menjadi ketua panitia sebuah kegiatan diantaranya adalah sebagai berikut.

1. SIAP / READY

    Kenapa kita harus siap ? karena tanpa kesiapan dalam diri kita, tentu itu akan mempengaruhi mental kita untuk menjadi seorang ketua panitia. Dengan kesiapan yang matang dan lantang ketika kita dipilih menjadi seorang ketua panitia, tentu hal tersebut akan menjadi dorongan bagi kita untuk melaksanakan tugas sesuai tanggung jawab kita sebagai ketua panitia. Oleh karena itu, kesiapan dari ketua panitia sangat menentukan bagi jalannya kegiatan / acara yang akan dilaksanakan.
    Apa saja yang harus disiapkan ? sebenarnya tidak terlalu banyak yang harus disiapkan ketika kita sudah dipilih menjadi ketua panitia kegiatan atau pemimpin kegiatan. Pertama, gambaran mengenai acara yang akan dilaksanakan, minimal kita sudah mengetahui bagaimana sih gambaran acara tersebut dan apa saja sih yang akan menjadi inti acaranya. Ketika kita sudah memiliki gambaran dan jelas gambarannya itu sesuai dengan tujuan dibentuknya panitia serta sudah ada hasil dalam gambaran tersebut. 
    Kedua, susunan kepanitian harus kita pikirkan sesuai dengan kemampuan masing-masing, jangan sampai kita memaksakan seseorang untuk ikut dalam bagian misalnya seksi acara padahal dia sudah memutuskan sendiri untuk masuk ke seksi konsumsi. Karena, jika kita memaksakan kehendak seseorang, hal itu hanya akan menghambat dia untuk berpikir secara rasional dan kreatif. 
   Ketiga dan yang terakhir, kita harus membuat sebuah peraturan seperti S.O.P, kenapa kita harus menyiapkan S.O.P ? iya, karena sebenarnya sangat spele bagi sebuah kepanitiaan. Jika akan membuat S.O.P disamping spele hal tersebut juga menjadi sangat penting ketika kita ingin memaksimalkan lancarnya sebuah kepanitiaan yang kita pimpin dan juga menjadi efektif ketika kita terapkan di dalam sebuah kepanitiaan untuk menuju suskesnya kegiatan. Oleh karena itu, sebagai ketua panitia kita harus mempersiapkan segalanya agar dapat mensukseskan acara yang berjalan secara efisien dan efektif.

2. HADAPI

    Kenapa kita harus menghadapi ? karena, jika kita tidak menghadapi tentu tidak ada keberanian sama sekali untuk mengambil risiko-risiko yang akan timbul kedepannya.

    Oke pembaca yang budiman, penjelasan singkat sudah saya jelaskan mengenai materi kita kali ini.

Post a Comment

0 Comments